Hibahkan Tiga Lahan Untuk Polres Lebong

PELABAI – Jika tidak ada kendala, tahun ini Polres Lebong akan menerima hibah tiga lahan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong. Yakni lahan seluas 2,6 hektare di belakang Mapolres Lebong, lahan di Kelurahan Tanjung Agung, Kecamatan Pelabai dan lahan di Desa Muara Ketayu, Kecamatan Amen.

‘’Ketiga lahan itu sudah bersertifikat atas nama Pemkab Lebong,’’ kata Kabid Aset Daerah, Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Lebong, Hedi Parindo, SE kepada RB, kemarin (29/1).

Sejauh ini prosesnya masih dalam pengusulan ke bupati. Jika sudah mendapatkan disposisi dari bupati, segera ketiga lahan itu diserahkan ke Polres Lebong. Untuk penggunaannya, sepenuhnya menjadi wewenang Polres Lebong. Namun diharapkan lahan itu bisa dibangun Polsek.

‘’Soalnya Kecamatan Amen dan Kecamatan Pelabai belum punya Polsek sendiri sehingga masih menginduk ke Polsek dari kecamatan lain,’’ terang Hedi.

Proses hibah dipastikannya akan berjalan mulus lantaran kepemilikan lahan sudah atas nama Pemkab Lebong. Prosesnya tinggal penghapusan dari daftar aset Pemkab Lebong. Artinya untuk pengelolaan dan pemeliharaan atas lahan yang dihibahkan itu, sepenuhnya akan menjadi tanggungjawab Polres Lebong selaku penerima hibah. ‘’Mudah-mudahan lahan yang dihibahkan itu bisa meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat,’’ ungkap Hedi.

Selain mengusulkan hibah tiga lahan untuk Polres, Bidang Aset juga sudah mengusulkan pengurusan sertifikat lahan 4 polsek dan 1 lahan polsubsektor jajaran Polres Lebong. Yakni Polsek Topos, Polsek Rimbo Pengadang, Polsek Lebong Tengah, Polsek Lebong Atas dan Polsubsektor Bingin Kuning. ‘’Berkasnya sudah kami serahkan ke Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman. Mudah-mudahan tahun ini bisa dianggarkan sehingga bisa langsung dibuat sertifikatnya,’’ tukas Hedi.

Penerbitan sertifikat atas lahan 4 polsek dan 1 polsubsektor itu sangat penting demi keamanan. Status lahan yang sampai saat ini masih berupa keterangan atau dokumen pihak desa, harus dilengkapi dengan sertifikat agar tidak menimbulkan masalah di belakang hari. ‘’Walaupun kemungkinan terjadinya penyerobotan sangat kecil, namun aset milik Pemkab yang akan dihibah ke instansi vertikal itu perlu diantisipasi dengan dokumen sah yang diakui negara,’’ tutup Hedi.(sca)

2018-01-30

Sumber : http://harianrakyatbengkulu.com/ver3/2018/01/30/hibahkan-tiga-lahan-untuk-polres-lebong/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *