DAK Lebong Terbanyak Se-Provinsi

RMOL. Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRP) Kabupaten Lebong, yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong pada tahun anggaran (TA) 2018 akan mengalami penurunan menjadi Rp. 24,6 Miliar. Meskipun demikian, Pemkab Lebong di sebut tetap tertinggi penerima DAK di Provinsi Bengkulu.

adis PU Lebong, Eddy Ramlan, mengungkapkan, penurunan DAK juga terjadi untuk kabupaten dan kota seluruh indonesia. Sebab, kebijakan tersebut sebagai efisiensi untuk konsentrasi pembangunan TOL di Wilayah Timur Indonesia.

“Kalau dibanding 2 tahun terakhir, DAK mengalami perurunan drastis. Tapi walaupun jumlah DAK 2018 turun, Lebong tetap tertinggi kok,” ujar Edy kepada RMOL Bengkulu, Selasa (19/12/2017).

Dirincikan Edy, total DAK yang diterima Dinas PUPRP Lebong pada tahun 2018 mendatang sebesar Rp. 24,6 Miliar. Masing – masing bidang Bina Marga (BM) akan mendapatkan DAK sebesar Rp. 18.6 Miliar, Cipta Karya (CK)  Rp. 1,1 Milyar serta bidang Sumber Daya Air (SDA) sebesar Rp. 4,9 miliar.

“BM akan tetap fokus melanjutkan pelebaran jalan dan masih sebatas pengerasan ditingkatkan untuk hotmix serta  pelebaran jalan di Kecamatan Topos, sebagai fasilitas  penunjang  wisata Lebong. Sementara untuk bidang CK akan fokus   program air bersih dan pembangunan kantor pemerintahan serta memperindah perkotaan di Lebong. Sedangkan, SDA akan fokus pembangunan irigasi penanggulangan banjir,” terang Eddy.

Ditambahkan Eddy, seluruh pembangunan itu nantinya akan di selaraskan dengan program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Lebong.

:Ada tiga program unggulan bupati, yang pertama Lebong berhotmix jalan mulus, Lebong bebas banjir dan Lebong bebas krisis air bersih,” singkat Eddy. [nat]

Sumber : http://www.rmolbengkulu.com/read/2017/12/19/5688/DAK-Lebong-Terbanyak-Se-Provinsi-

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *